Minggu, 21 Maret 2010

ENREKANG PACU SEKTOR PARIWISATA TINGKATKAN PAD

ENREKANG PACU SEKTOR PARIWISATA TINGKATKAN PAD
Sabtu, 24 Oktober 2009 17:21




ENREKANG PACU SEKTOR PARIWISATA TINGKATKAN PAD


Enrekang, 24/10 (ANTARA) - Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadikan sektor pariwisata sebagai unggulan dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan melakukan pembenahan sejumlah obyek wisata itu.
"Pemkab Enrekang kini melakukan pembenahan sejumlah obyek wisata akan yang tersebar hampir di semua kecamatan melalui dana APBD, "kata Bupati Enrekang H Latinro Latunrung di Enrekang, Sabtu.
Enrekang, kata dia, memiliki potensi besar di sektor jasa ini Termasuk seni budaya musik bambu yang masih tetap dilestarikan masyarakat setempat.
Dua obyek wisata yang menjadi primadona Enrekang yang diminati wisatawan mancanegara dan domestik yakni Buttu Kabonong di Anggeraja dan permandian alam air terjun Lewaja.
Buttu Kabobong di lereng gunung Bambapuang memiliki daya tarik cukup mempesona, karena lereng gunung yang berada di sisi kanan jalan poros menuju Tanatoraja sangat eksotik karena menyerupai bentuk "kelamin wanita".
Panorama alam Bambapuang yang diapit dua gunung batu dan Sungai Mata Allo menjadikan pemandangan di kawasan obyek wisata ini semakin menarik.
Karena itu, semua wisatawan yang melintas di jalan menuju Tanatoraja akan menyempatkan diri menikmati panorama alam Buntu Kabobong Yang indah dan mempesona, ujar Kepala Dinas Perhubungan, Pariwiata dan Infokom Arfah.
Pemkab Enrekang menyiapkan villa dengan fasilitas lima kamar di Buntu Kabobong, sehingga wisatawan yang ingin menikmati panorama alam eksotik itu bisa beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju daerah tujuan wisata Tanatoraja.
Selain Buttu Kabobong, di kawasan wisata pegunungan ini juga terdapat sekitar 30 buah "bunker" peninggalan serdadu Jepang yang menempel di tepi gunung batu pada ketinggian sekitar 200-400 meter dari jalan raya.
Bunker ini telah dikunjungi ratusan wisatawan Jepang baik yang datang khusus ke lokasi itu maupun mereka yang menuju Tanatoraja, "ujar Rahman warga setempat yang bermukin di sekitar bunker tersebut.
Enrekang juga memiliki situs kuburan batu Tontonan pada tebing gunung batu dan makanan khas "Dangke" dengan cita rasa seperti keju yang terbuat dari susu kerbau yang telah mendapat pengesahan hak paten, kata Bupati Latinro.

0 komentar:

Posting Komentar

BThemes

Religious Myspace Comments

Sponsor

picture widgets
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More