Minggu, 21 Maret 2010

Kopi Enrekang Diakui Dunia

Kopi Enrekang Diakui Dunia

MINUM KOPI ENREKANG. Bupati La Tinro beserta tamu HIKMA Jakarta, meminum Kopi Kalosi di rujab pekan lalu. Saat ini, kopi Enrekang diakui dunia.
ENREKANG, Upeks--Enrekang memang tempatnya buah kopi, sejak zaman kolonial hasil perkebunan tropis yang cukup digemari di belahan Eropa itu, sukses membawa Kopi Kalosi Enrekang, pemegang L/C pertama 1959 negara tujuan Jerman.
Kekhasan aroma dan rasa yang kemudian dikenal dalam kandungan Kopi Kalosi, meraih prestasi dan meraih tropi sebagai jenis kopi unggul dalam kontes aroma dan rasa kopi tingkat Sulsel, bahkan dikanca nasional. Dalam kajian ilmiah, kopi asal Enrekang ini punya daya tarik sehingga kalangan eksportir dunia mencari jalan untuk mendapatkan hasil perkebunan asli Enrekang atau dikenal Massenrempulu.
"Hasil bumi Enrekang sejak lama dikenal dunia luar terutama Kopi Kalosi yang menembus pasar internasional dengan bukti didapat lembar L/C menuju Eropa, disitu memberi pengertian bersama bahwa kopi terbaik Sulawesi adanya di Enrekang bukan daerah lain," ungkap Haji La Tinro La Tunrung, Bupati Enrekang.
Keberadaan Kopi Kalosi dengan berjalannya waktu, sempat mengalami pergeseran sebagai tanaman perkebunan yang mulai langka di era tahun 70-an, sebab mulai bermunculan berbagai jenis kopi lain yang berbeda dengan produksi sedikit lebih tinggi. Demam akan biji kopi yang ternyata dikenal Kopi Kalosi, mendorong pemda setempat melalui teknis terkait bersama pakar pertanian Unhas kembali melacak keberadaan tanaman tersebut yang masih bertahan di sekitar areal kaki pegunungan Latimojong tepatnya di Kecamatan Bungin Perkampungan Nating Desa Sawitto.
Disitulah ditemukan kembali Kopi Kalosi dan dibudidayakan dengan kultur jaringan dalam laboratorium. Hasil pemurnian itulah yang mendorong Pemkab Enrekang untuk terus membangun citra Kopi Kalosi dari jenis Arabika Typica secara bertahap. "Ini pengakuan pertama atas hasil kopi enrekang yang telah dimurnikan dari Kopi Kalosi yang terkenal di zamannya, untuk dinikmati seluruh lapisan dan bangsa dunia," ujar La Tinro di depan tamu HIKMA Jakarta belum lama ini. (Samsul Haliq)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagaimana kalo saya ingin order? Saya dari malaysia

Unknown mengatakan...

aku orang asli orang enrekang tepatnya di desa bungin yang terkenal dengan kopi

Posting Komentar

BThemes

Religious Myspace Comments

Sponsor

picture widgets
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More